Manfaat Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

Tomat untuk Mengilangkan Jerawat
Buah tomat telah lama dikenal selain sebagai bahan makanan juga memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan terutama digunakan untuk mengobati beberapa penyakit ringan. Hal ini tidak terlepas dari kandungannya yang memiliki Vitamin C dan Vitamin A dosis tinggi serta antioksidan (lycopene). Karena kandungannya tersebut buah tomat bermanfaat untuk memutihkan kulit dan menghilangkan jerawat.

Jika Anda memiliki masalah kulit ringan (terutama dengan jerawat), tidak ada salahnya untuk mencoba mengambil manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat. Berikut ini beberapa tips terkait manfaat tomat untuk kesehatan wajah :


Manfaat Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

Hancurkan 1 buah tomat hingga menjadi seperti bubur kemudian balurkan ke seluruh wajah Anda, termasuk daerah yang tidak ada jerawatnya. Biarkan nutrisi pada tomat meresap ke wajah Anda. Setelah kurang lebih satu jam, cuci dengan air hangat kemudian keringkan wajah. Anda dapat menjalankan perawatan ini selama seminggu untuk menghilangkan jerawat.

Resep lainnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah dengan mencampurkan buah tomat dan mentimun (perbandingannya 1:1). Hancurkan kedua bahan tersebut kemudian balurkan ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit.

Manfaat Tomat untuk Memperkecil Pori-Pori

Campurkan 1 sdm jus tomat segar dengan 2 sampai 4 tetes air jeruk nipis, lalu oleskan di wajah Anda menggunakan kapas. Biarkan selama kurang lebih 15 menit kemudian cuci dengan air hangat.


Manfaat Tomat sebagai Masker

Hancurkan 1 buah tomat dan 1 buah alpukat dalam food processor atau blender sampai rata. Kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah Anda, dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat atau dingin. Anda dapat mengunjungi link ini untuk membaca lebih lanjut mengenai masker tomat.

Manfaat Tomat untuk Mengurangi Minyak di Wajah


Potong tomat menjadi dua bagian kemudian gosok potongan buah tomat tersebut di wajah Anda, berfokus pada area yang bermasalah. Setelah merata di seluruh wajah bilas wajah dengan air hangat, dan berikan sedikit pijatan.

Peringatan :

Tips di atas mungkin tidak dapat diterapkan oleh sebagian orang terutama yang memiliki kulit sensitif atau jerawat yang parah. Tingginya kandungan Vitamin C dalam buah tomat mungkin menyebabkan rasa yang agak perih. Sangat disarankan agar sebelum menjalankan terapi Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kecantikan atau dermatologist.