Khasiat Biji Tomat

khasiat biji tomat
Khasiat buah tomat memang sudah tidak diragukan lagi. Selain mengandung Vitamin C dosis tinggi, buah tomat juga diketahui mengandung antioksidan yakni lycopene yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Namun tahukah Anda bahwa manfaat buah tomat tidak hanya terletak pada daging buahnya saja? Ternyata khasiat biji tomat mampu mengatasi beberapa keluhan penyakit, salah satunya adalah penyakit stroke dan jantung.

Seperti yang dilansir pada majalah kesehatan Prevention, berdasarkan hasil penelitian diketuai oleh Asim K Dutta-Roy, PhD dari Rowett Research Institute yang berlokasi di Aberdeen,Skotlandia diketahui bahwa terdapat banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari lendir biji tomat. Lapisan lendir berwarna kuning pada biji tomat ternyata mengandung senyawa yang dapat melawan penyakit jantung serta penyakit stroke.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, konsumsi tomat atau jus tomat dengan tetap menyertakan bijinya tanpa disaring akan mampu mengurangi resiko terjadinya penggumpalan darah sebesar 72%. Penggumpalah darah tersebut merupakan salah satu penyebab utama terjadinya serangan jantung atau stroke.


Lapisan lendir yang menyelimuti biji tomat tersebut biasa disebut dengan Fruitlow. Pada Fruitlow terkandung senyawa yang ternyata memiliki efek sama dengan aspirin yaitu sebagai analgesik atau pengurang rasa sakit, anti imflamasi atau anti peradangan serta dapat juga digunakan sebagai obat demam. Fruitlow diketahui mampu memperlancar peredaran darah dengan mencegah terjadinya pembekuan darah sehingga membantu metabolisme tubuh agar semakin lancar.

Efek Samping Konsumsi Biji Tomat

Ada berbagai alasan kenapa seseorang enggan untuk tidak mengkonsumsi biji tomat dan memilih menyaring
jus tomat ketika hendak meminumnya. Salah satunya adalah mitos yang menyebutkan bahwa konsumsi biji tomat menyebabkan penyakit usus buntu. Padahal belum ada penelitian yang membenarkan bahwa konsumsi biji tomat dapat menyebabkan penyakit usus buntu. Sebenarnya penyakit usus buntu disebabkan karena peradangan yang timbuk karena adanya penyumbatan yang disebabkan karena kotoran seperti sisa makanan atau parasit hidup dan berkembang biak lalu menyumbat lumen atau cairan umbai cacing.

Nah, jika Anda masih ragu karena takut terkena usus buntu, mungkin ketakutan tersebut kurang beralasan. Satu-satunya efek samping biji tomat yang telah dibuktikan adalah efek anti penggumpalan darah itu sendiri. Karena sifatnya yang menyebabkan darah sulit untuk menggumpal, konsumsi biji tomat tidak disarankan untuk orang yang sedang mengalami operasi atau memiliki masalah pada peredaran darahnya seperti penyakit koloid. Pada beberapa kasus kecil juga pernah dilaporkan setelah mengkonsumsi biji tomat timbul bengkak atau bisul.

Kesimpulan

Salah satu khasiat biji tomat adalah sebagai pengganti alami aspirin yang mampu mengurangi penggumpalan darah dan mencegah beberapa penyakit seperti stroke dan jantung. Anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi biji tomat karena efek sampingnya hampir tidak ada. Anda hanya perlu menjauhi konsumsu biji tomat jika memiliki masalah pada kelainan darah atau sedang menjalani penyembuhan setelah operasi.